Kuda-Kuda!

Bogor

 

Kuda-kuda!
Jalan ditutupi sarung di kepala
Mengembara di tengah hujan kota
Dingin dan tak ada penumpang satu-dua

Ini hidup! kata kuda
Kalau tak berlari tak dapat uang
Tubuhku kuat! kata kuda
Tanjakan Pajajaran dan aku bukan kuda pecundang

(kuda itu menoleh melihatku, tatapannya sayu namun dalam)

Kau borjuis! Aku benci
Sok-sokan menulis bait di kafe pelangi
Enak kau makan ayam dan minum kopi
Sedang mereka makan nasi dengan payung dan berlari

(kuda itu menoleh ke ujung jalan, seakan menunjukkan padaku mereka – bocah-bocah ojek payung yang menunggu pelanggan)

Mari sini! kata kuda
Hujan-hujanan denganku biar kau tahu
Betapa menyenangkan air yang jatuh ini sebenarnya

Mari sini! kata kuda
Aku tahu tubuhmu lelah berjalan seharian
Biar hujan ini menyegarkan mimpi-mimpi yang kelu pada nasib

(aku terhentak lalu segera membereskan semuanya yang ada di meja. kubayar pesanan lalu bergegas keluar menuju jalan di perempatan pajajaran)
(dan hujan ini akhirnya menyentuhku, dengan lembut. aku menghirup udaranya sambil memejamkan mata. sesaat membayangkan masa lalu dan masa sekarang)
(pada mimpi yang terlupakan. pada memori yang menyakitkan dan menyenangkan. semua jadi satu dalam satu pejaman. aku lega dan tenang)

Benar kan? kata kuda

 

IMG_47

**

Bogor, 5 Desember 2013

Tinggalkan Balasan

