Bangun Rumah Bagian 1 : Perkenalan Rumah

Rumah adalah tempat mahluk hidup tinggal dan berlindung dari panas matahari dan hujan, dari dinginnya udara malam. Banyak dari kawan maupun tetangga saya yang menanyakan ‘bagaimana cara membuat perencanaan rumah yang baik?’, ‘bagaimana desain rumah yang baik?’.

 

Untuk pertanyaan kedua ini saya selalu menjawab, ‘masalah desain sebenarnya adalah urusan orang-orang arsitektur. Orang-orang sipil hanya bekerja untuk merencanakan bangunan apakah bangunan tersebut kuat menahan beban dan melaksanakan pendirian bangunan’.

Namun saya tambahkan sedikit. Desain rumah yang baik adalah yang sesuai dengan standar-standar pendirian bangunan rumah (bangunan rumah juga punya standarnya loooh).

Saya akan membahas pertanyaan pertama di sini. Beberapa waktu lalu saya juga mengikuti Lomba Desain yang diadakan salahsatu Institut. Sayang, proposal tim saya tidak disetujui oleh pihak Universitas, dalam hal ini SekJur dikarenakan terlalu banyak tim yang sudah mendaftar dari Universitas tempat saya belajar (waktu itu sudah ada tujuh tim yang telah disetujui). Sehingga ada beberapa tim yang tidak jadi ikut. Kecewa berat, iya, tetapi saya pikir mengapa tidak menuangkan ilmu yang saya dapat, lalu ditulis, dan mungkin dapat menjadi bahan referensi anda yang menginginkan membuat perencanaan rumah sendiri.

Selain anda bisa tahu seluk-beluk rumah yang anda akan tempati, anda juga bisa memperkecil biaya jika tahu sudut-sudut mana yang bisa dihemat. Mudah-mudahan ulasan berikut bisa bermanfaat bagi anda.

Pak Bagus, bagaimana membuat perencanaan rumah yang baik?

Wah, banyak aspek yang musti diperhatikan pak. Kalau bapak ingin membuat perencanaan rumah yang notabene akan jadi tempat tinggal yang bapak tempati. Dari sisi ekonomi, geografis, dan sosial karena rumah kan dibuat dan dinilai pertama kali adalah kenyamanan. Namun sebelum itu kan harus dilihat dulu fasilitas daerah rumah yang akan bapak bangun.

Sebagai contoh biasanya kan muncul pertanyaan, “letak rumah ada akses jalan?”, “Apakah listrik dan air bersih sudah masuk ke daerah tersebut?”, saya rasa pertanyaan itu bisa bapak nilai sendiri karena saya akan menjelaskan hal yang berkutat tentang rencana bangunan yang baik.

Lalu?

Setelah memutuskan tanah yang akan dibangun tempat tinggal, muncul lagi beberapa pertanyaan yang wajib dipikirkan, yakni :

  1. Luasan tanah yang ada.
  2. Biaya yang anda dapat disediakan.
  3. Berapa rencana pengguna rumah yang tinggal di rumah tersebut.
  4. Keinginan anda, dalam hal ini desain yang menarik dan sudah tentu rumah sehat bukan?.
  5. Arah rumah tinggal, apakah menghadap selatan, utara, timur atau barat.

Itu mungkin pertanyaan pokok pada saat ingin membangun rumah. Selanjutnya akan dibahas per bagian seperti bagian konsep desain rumah, pondasi, bagian dinding, atap dan lain-lain. Bagian-bagian ini akan menyangkut pemilihan material, ketersediaan bangunan dan tingkat kenyamanan bangunan rumah. Mohon sebelum anda membuat rumah impian anda, baca semua bagian dari artikel bangun rumah yang anda tulis. Sehingga anda bisa mempertimbangkan hal-hal yang berkenaan dengan hal tersebut.

Tinggalkan Balasan

