PENDAHULUAN DAN BAB 1 : Pengembangan Sumber Daya Air

Materi yang akan saya tulis kali ini adalah Pengembangan Sumber Daya Alam (PSDA) di mana pada semester terakhir untuk studi S-1 adalah mata kuliah wajib yang saya pelajari.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa air adalah suatu hal yang vital di planet yang kita tempati. Banyak fenomena-fenomena yang terjadi pada hal ini. Peningkatan dan perkembangan pembangunan di berbagai sektor menuntut pemenuhan akan pelayanan SDA. Hal ini memberikan implikasi berkembangnya sistem PSDA yang makin kompleks dan rumit.

Bagaimanapun, air bisa kita ambil manfaatnya jika kita bisa mengendalikannya. Hal yang berbeda tentu akan terjadi jika kita tak bisa mengendalikannya. Setidaknya ada tiga kondisi di mana air bisa memberikan efek negatif :

  1. Jika air terlalu banyak, menyebabkan banjir.
  2. Jika air terlalu sedikit, menyebabkan kekeringan.
  3. Jika air tercemar, tidak cocok untuk peruntukan penggunaan.

Untuk di daratan kita mengenal banyak pemanfaatannya. Jadi untuk kali ini, berkaitan dengan Teknik Kesipilan, saya akan menulis tentang PSDA di darat. Baik Waduk, Situ, Irigasi dan sebagainya mempunyai hubungan satu dengan yang lainnya.

Mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi anda, para pembaca!

 

BAB 1 : PENDAHULUAN PSDA (Pengembangan Sumber Daya Air)

Pengembangan Sumber Daya Air mempunyai pengertian sebagai ilmu yang mempelajari tentang Teknik Sumber Daya Air yaitu : tentang cara – cara memahami kuantitas, kualitas, jadwal ketersediaan dan kebutuhan sumber daya air serta penanggulangan permasalahan yang ada, sehingga dapat di-kembangkan pemanfaatan, kelestarian dan pengelolaan sumber daya air tersebut untuk kesejahteraan kehidupan manusia beserta alamnya.

Tujuannya sudah jelas, bahwa untuk kelanjutan perkembangan pembangunan. Saya lebih suka disebut sebagai pembangunan berkelanjutan (sustainabele development). Tapi banyak usaha-usaha dari pemerintah dunia yang bertentangan dengan hal tersebut. Well, itu pendapat pribadi. Jadi mohon jangan memasukkan ke dalam referensi anda jika anda membaca tulisan ini.

Untuk pembangunan sendiri, saya mengenal tiga konsep dasar, yakni pengadaan barang dan jasa melalui berbagai kombinasi faktor produksi, perubahan sosial dan ekonomi masyarakat, serta hubungan antara manusia dengan lingkungan.

Dan sebagai pembatas perkembangan, sedikitnya ada lima faktor, yaitu pendudukan, produksi pertanian, produksi industri, sumber daya alam dan pencemaran. Kelima hal ini yang dianggap berpengaruh terhadap PSDA. Jadi yang akan mempelajari PSDA lebih lanjut tentu harus memperhatikan hal-hal tersebut.

Kembali kepada sumber daya air. Hal yang perlu kita ketahui bahwa PSDA ini tidak bisa terlepas dari sumber daya alam lainnya. Pengembangan sumber daya air sendiri pada saat ini hanya 20% dari jumlah yang ada. Kita dapat melihat pengembangannya dari pemanfaatan waduk, irigasi, air baku, pengendalian banjir dan sebagainya. Ini yang kita anggap sebagai kebutuhan aliran air.

PSDA juga mempunyai unsure-unsur pokok tersendiri. Kebutuhan manusia terhadap air telah mengalami perkembangan untuk berbagai jenis keperluan. Sehingga kebutuhan air meningkat dan berkembang, sedangkan sumber daya air masih banyak yang tersedia. Namun menyangkut banyak aspek yang masih perlu dioptimalkan utnuk menangani permasalahan unsure-unsur pokok PSDA yang ada.

Permasalahan usnur-unsur pokok PSDA, diantaranya :

  1. Pengendalian banjir
  2. Irigasi dan drainase
  3. Sedimnetasi
  4. Pengaturan DAS yang menyangkut pencegahan erosi
  5. Lalu-lintas air
  6. Penyediaan air untuk rumah tangga
  7. Listrik tenaga air
  8. Peikanan dan kesatwaan
  9. Pencemaran
  10. Pembuatan hujan
  11. Penggunaan sumber daya air untuk rekreasi.

 

2 responses to “PENDAHULUAN DAN BAB 1 : Pengembangan Sumber Daya Air

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s