Nggak nge-Blog, Nggak gaul

-05012011-

Nggak kerasa tahun 2010 sudah terlewati beberapa hari. Tahun 2010 yang begitu menyenangkan. Walaupun ada beberapa kehilangan (Penulis yang kayaknya nggak rela banget buat ditinggal pergi-red). Tapi semua itu bukanlah akhir dari segalanya. Jadi buat awal tahun, gue buat artikel ini. Sekedar hibur diri dan berbagi pengalaman. Materi yang ditulis dari bulan Januari 2011 ini baru ke-post-nya bulan maret (Kelihatan deh malesnya si penulis..hehe).

Artikel yang sekarang lu lihat adalah tips-tips bagaimana membuat blog yang menarik. Banyak banget temen-temen gue yang bertanya

“Gus, gimana ya cara buat blog ? Minimal kayak lo deh ?.”, atau

“Blog lo bagus mas bro, ajarin gue dong…”,

 (Alhamdulillah, blog penulis sehari minimal ada 50-60 pengunjung-lah, tapi sayang nggak ada yang komen..hiks2) #makanya kalian komen dong…

Nah, yang belum punya blog dan berminat buat, bisa lihat ke sini. Yang sudah punya blog, bisa sekedar baca-baca sekaligus menambah wawasan. Sama-sama belajarlah karena gue juga belum bisa membuat blog yang menarik. Lets check this out !

Blog sebenarnya baru dikenal pas kita lagi moneter, waktu jamannya anak sepatu roda dibilang gaul. Tahun 1997 (gue masih ingusan dan nangis kalo mainan gw diambil). John Barger adalah orang pertama yang membuat situs untuk dirinya sendiri. Isinya tentang jurnalis dan catatan hariannya. Barulah pada tahun 1999, perusahaan Silicon Valley bernama Pyra Lab meluncurkan layanan Blogger.com yang memungkinkan setiap orang mempunyai blog secara gratis. Yang paling dikenal sekarang adalah blogspot atau wordpress.

Terus asiknya nge-Blog apa Om ? (Tiba-tiba datang orang tak diundang)

Eh, ada orang nongol. :p (siapa nih orang ?)

Nghina nih ? (-_-”)

Maaf, deh, gue jawab, ok.

Wah, macam-macam. Di blog, kita bisa buat sesuatu yang sesuai dengan diri kita dan kemauan kita. Mau tentang catatan pribadi, catatan harian, isi pelajaran, mata kuliah, artikel, cerpen, puisi sampai pengalaman seru kamu yang mau kamu sharing juga bisa ditulis di blog. Mungkin yang belum mencoba nge-blog rasanya biasa-biasa aja, tapi para blogger pasti punya keasyikan tersendiri. Ntar gue jelasin lebih lengkapnya deh.

Oo..alasan Om sendiri bikin wordpress.blog apa ?

Apa ya ? Hehe…banyak kok, gue sebutin beberapa alasan. Pertama, gue emang hobi nulis sesuatu. Entah artikel, puisi atau cerpen. Banyak yang bilang gue bakat di sastra (*uhuk-uhuk ). Tapi cita-cita gue nerusin pekerjaan bapak sebagai seorang engineer sipil sudah menjalar di darah daging gue. Kedua, mau bagi-bagi ilmu yang uda didapat selama hampir 20 tahun hidup gue ke teman-teman nih, dan juga sebagai pelampiasan yang nggak kesampaian. (Nah, lho..). Seperti puisi-puisi yang nggak terkenal ciptaan gue..haha (Klo dikumpulin uda ada sebuku kali) .Dan yang ketiga adalah ingin dikenal di dunia. Moto gue sendiri, yakni “i’m nothing, but i’m the one who change the world”. Intinya sih blog bisa sebagai wadah pribadi kita. Dan jadilah blog yang gue punya sekarang.

 

Om…om. Lanjut aja deh. Gue yang dengerin. Ok

Kepala lu Om! Am-om..Am-om..gue masih muda men. Jangan panggil Om. (Kapan gue kenal sama lo !)

Jaah..ngambek…ok deh mas. Lanjut.(Pemarah nih)

Nah sekarang kita uda masuk ke dalam bagian pertama. Kan ceritanya lu uda memutuskan buat blog nih. ( *Yup ! ). Kira-kira yang mau lu tulis apa sekarang ?

Enaknya apa ya mas ? Ogut sih maunya yang seru-seru aja. Buat info-info terbaru tentang sepak bola. Kan lagi rame tuh mas. (Iya). Terus buat puisi-puisi. Kebetulan ogut lagi patah hati nih. (Jiaaahhh…curhat dia). Gimana Om…eh, mas ?

Wah, uda dapat tuh. Tinggal buat aja.

Terus judulnya gimana ?

Nah, buat judul, lu sesuain sama isi blog lu. Misalnya “catatan si ogut” atau “si ogut dari jembatan kelapa dua”.

Yee…emang ogut setan apa ?

Bercanda ogut. Nih gue kasih tips buat bagian pembuka. Ok. (Ok deh). Nih tips nya :

1. Ogut musti cari beberapa nama yang pas sama diri ogut dan isi blog punya ogut.

2. Cari nama yang unik, kampungan juga nggak kenapa2. Yang penting jangan terlalu susah. Biar orang yang search di Mbah Google juga nggak kesusahan.

3. Pilih nama yang mudah diingat. Nama sendiri juga boleh, kayak bLog punya gue.

 

Nah, setelah dapat beberapa nama, di-list nama-nama itu. Coba pikir dan tanya sama diri lu sendiri

1. Apa nama itu mencerminkan diri lu ? Sesuai sama topiknya nggak ?

2. Apakah nama itu unik, mudah dieja dan diingat ?

3. Lu nyaman nggak dengan nama itu ?

 

Jadi ogut milih nama apa nih ?

Si Ogut dari Jembatan Cikini (Qok mirip yang tadi ya ??) Gimana tuh mas unik, mudah dinget, dieja dan ogut nyaman dengan nama itu. Hahaha….

Hahaha….iyaa (bilang aja nggak punya ide lu, :-@ )

Tapi inget ogut, ada beberapa hal penting yang ada di bLog (*apaan tuh ?) Coming Soon ya..hahaha (pergi menghilang, hanya meninggalkan suara seperti film wiro sableng)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s