Artikel Tentang Rumah Sehat Perkotaan

Materi yang akan saya kemukakan kali ini adalah seputar konsep-konsep rumah sehat. Bisa dibilang rumah sehat di masyarakat sudah mulai berkembang dan popular. Bagaimana tidak, masyarakat khususnya masyarakat perkotaan sangat merindukan kehidupan sehat dan asri. Tentu hal yang jarang ditemukan di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Semarang, Bandung dan lainnya. Dalam hal ini pula kita dapat mengetahui, rumah bukan hanya sebagai tempat berteduh atau tempat pelindungan dari cuaca yang ekstrim. Tapi rumah adalah……….ya, rumah. Rumah adalah unik !

 

Beberapa waktu yang lalu, saya banyak dimintai saran oleh teman-teman satu jurusan di Universitas Gunadarma tentang rumah sehat yang pada waktu itu menjadi tema perlombaan di suatu Universitas Swasta di Jogjakarta. Banyak pula dari mereka yang bertanya mengapa saya tidak mengikuti perlombaan tersebut. Selain karena jarak cukup jauh Jakarta-Jogjakarta (sebenarnya kalau ada lomba di Bandung juga saya nggak bakal ikutan-red) tugas-tugas responsi seperti Geometri Jalan, Konstruksi Beton, Konstruksi Kayu dan Pondasi Dangkal yang men-jelimet buat otak saya muter-muter kelas-SekJur. Membuat saya panas-dingin semaleman karena deadline-nya besok.

Alhasil sekarang masalah (responsi ≠ tugas besar ; responsi = masalah besar) sudah selesai, Dan saya berinisiatif membuat materi ini sebagai kelangsungan hidup saya di wordpress.com yang sudah ditinggal beberapa bulan akibat masalah itu. Pada dasarnya materi ini diajarkan di beberapa Universitas atau Institut atau Sekolah Tinggi atau…Sekolah Menengah Kejuruan (nah, lho..hampir mati gaya gue..haha. Untung dapet). Karena di Kampus gue nggak diajarin hal kayak beginian. Jadi materi ini, gue pelajari secara otodidak. Dan cukup mengasyikkan daripada buka kaskus yang sekarang lebih banyak junk-nya dibanding informasinya (penulis adalah korban ketagihan kaskus).

Jadi langsung ke materi tentang rumah sehat yang notabene jadi dambaan masyarakat perkotaan. Dan juga dambaan saya nanti jika sudah berkeluarga. Semoga bermanfaat ! Maaf jika ada yang kurang berkenan, terimakasih !

Sebelum kita membangun suatu rumah sehat, kita harus paham dahulu unsur-unsur rumah. Unsur-unsur rumah ini dibagi dua, yakni unsur dalam dan unsur luar. Penjelasannya sebagai berikut :

1. Unsur-unsur “dalam”  rumah sehat (klik disini!)

2. Unsur-unsur “luar” rumah sehat (coming soon!)

Tinggalkan Balasan

