Praktikum Labolatorium Mekanika Tanah

1. Konsolidasi

Tujuan :

  • Pengujian ini dimaksudkan sebagai pegangan dalam melakukan pengujian tanah untuk mengetahui sifat-sifat pemampatan tanah pada saat dibebani

2. Analisa Saringan

Tujuan :

  • Mengetahui ukuran butiran dan susunan butir (gradasi) tanah yang tertahan saringan no.200

3. Berat Isi Tanah

Tujuan :

  • Mengetahui berat isi sampel tanah
  • Mengetahui angka pori sampel tanah
  • Mengetahui derajat kejenuhan suatu sampel tanah

4. Hydrometer Test

Tujuan :

  • Menentukan ukuran dan susunan butir (gradasi) tanah yang lolos saringan no.200

5. Compaction Test

Tujuan :

  • Mendapatkan kadar air optimum dan berat isi kering maksimum pada suatu proses pemadatan

6. Shringkage Limit

Tujuan :

  • Menentukan kadar air sampel tanah pada batas semi-padat dan keadaan padat

7. CBR Laboratorium

Tujuan :

  • Menentukan nilai CBR (California Bearing Ratio) tanah dan campuran agregatdi laboratorium pada kadar air optimum

8. Plastic Limit

Tujuan :

  • Menentukan kadar air sampel tanah pada peralihan keadaan plastis dan keadaan semi-plastis

9. Liquid Limit

Tujuan :

  • Menentukan kadar air sampel tanah pada peralihan keadaan plastis dan keadaan cair

10. Berat Jenis Tanah (Spesific Gravity)

Tujuan :

  • Menentukan berat jenis tanah yang lolos saringan no.4 dengan menggunakan labu ukur

11. Kuat Tekan Bebas (Unconfined Compression Test)

Tujuan :

  • Metode ini mencakup penentuan bebas tanah kohesif pada kondisi tanah asli (Undisturb) maupun tanah yang dipadatkan/dibuat (remoulded)

6 responses to “Praktikum Labolatorium Mekanika Tanah

  1. saya butuh bgt info ttg praktikum mektan ini, boleh saya minta anda untuk menjabarkannya secara lengkap tiap bab nya?

    makasih banyak ^^

    • Termakasih mbak eLit nirmaLa, untuk permintaan tentang penjabaran secara lengkap tiap bab nya itu sangat banyak. Dan membutuhkan waktu yang tidak sedikit jika saya tulis di blog saya. yang saya punya adalah hardcopy. Jadi saya akan tuliskan dalam softcopy yang nanti bisa anda download dan bersabar hingga beberapa minggu ke depan.
      pertanyaan anda sangat membantu sekali bagi pengunjung yang lain.

    • Termakasih anna, saya punya adalah hardcopy secara lengkapnya. Jadi saya akan tuliskan dalam softcopy yang nanti bisa anda download dan bersabar hingga beberapa minggu ke depan.
      saya mengharapkan anda bisa bersabar.

Tinggalkan Balasan

