Pengantar Teknik Sipil

Pada tahun 1828 , sebuah Institusi yang didirikan oleh Thomas Telford, yakni Institution of Civil Engineering menerima Royal Charter yang menjadi bukti pengakuan teknik sipil sebagai :

“…cabang ilmu pengetahuan yang mengatur kekuatan sumber daya alam untuk digunakan dan dimanfaatkan demi mensejahterkan kehidupan manusia. Sebagai sarana produksi dan perdagangan, baik dalam maupun luar negeri,yang teraplikasikan dalam pembangunan konstruksi jalan, jembatan, aqueduct, kanal, navigasi sungai dan pelabuhan untuk perdagangan dan pertukaran antar mata uang. Dan pembuatan konstruksi kota pelabuhan, pelabuhan kapal laut, bendungan, dinding pemecah gelombang / ombak, dan mercusuar. Serta cabang ilmu navigasi , kemampuan buatan untuk tujuan perniagaan, konstruksi dan aplikasi mesin dan pengaliran air, baik di perdesaan, kota kecil maupun kota besar…”

 

Jadi, bila kita merujuk pada Royal Charter tahun 1828. Fungsi utama seorang civil engineer adalah mengatur, menggunakan dan memanfaatkan sumber daya alam yang akan dijadikan suatu hasil yang dibuat untuk mensejahterakan kehidupan umat manusia

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s