BAB I Geologi Teknik

Geologi adalah ilmu yang mempelajari tentang bumi, pada kenyataannya hanya pada bagian kulit bumi saja ( ± 35 Km ) yang akan dipelajari.
Menarik jika kita berbicara tentang ilmu bumi atau geologi, maupun ilmu batuan. Tentang teori pembentukan bumi. Perkembangan dari zaman ke zaman.Kita seolah-olah diajak untuk mengikuti alur “siapa diri kita sebenarnya”, walaupun tidak secara langsung. Pembentukan bumi yang ditaksir tebentuk sekitar 1,4 miliar tahun yang lalu. Terlepas dari semua itu, kesan pertama yang didapatkan adalah kata “menarik”.
Lalu selanjutnya saya akan menjelaskan beberapa sub bab tentang geologi secara umum. Dan akan mengalami pengkhususan ke sub disiplin ilmu teknik, yakni geologi teknik karena memang saya mempelajari tentang geologi teknik, bukan geologi secara khusus.
Geologi teknik adalah ilmu yang mempelajari tentang tanah, perilaku dan kekuatannya untuk kepentingan teknik sipil. Tentu saja kita akan berhubungan langsung dengan bangunan.
Karena bagaimanpun, bangunan akan dibangun di atas tanah. Maka mempelajari ilmu geologi teknik menjadi suatu keharusan yang mutlak dan sangat diperlukan.
Sebagai orang awam yang masih belum terlalu mengerti tentang ilmu geologi. Kita dituntut agar dapat menyesuaikan diri dengan situasi alam Indonesia yang sebenarnya. Menurut salah seorang ahli geologi teknik, Indonesia memang diciptakan dengan beragam kekayaan. Tanah yang subur, tambang emas yang melimpah, dan lautan yang kaya akan kehidupan biota laut. Akan tetapi apakah kita sadari bahwa dari manakah penyebab kita memiliki hal-hal yang melimpah tersebut.
Semoga ulasan berikut dapat memuaskan anda.
Masa Awal Bumi
Pada masa awal, bumi terbentuk sekitar 1,4 miliar tahun yang lalu dari  batuan-batuan luar angkasa. Ada beberapa teori yang berkembang tentang pembentukan bumi di dunia. Yakni teori bintang kembar, teori kabut ( nebula ), dan teori ledakan besar atau Big Bang yang sangat kuat efeknya terhadap teori pembentukan bumi di dunia.
Terlepas dari teori-teori tentang pembentukan bumi. Bumi terbagi menjadi beberapa lapisan, yaitu :
  1. • Bagian terluar dari bumi terbentuk dari dua lapisan, yakni  litosfer yang terdiri atas kerak dan bagian teratas mantel bumi yang kaku dan padat.
  2. • Di bawah lapisan litosfer terdapat astenosfer yang berbentuk padat tetapi bisa mengalir seperti cairan dengan sangat lambat dan dalam skala waktu geologis yang sangat lama karena viskositas dan kekuatan geser (shear strength) yang rendah. Mengapa saya katakan padat. Sebenarnya yang ingin saya katakan di bagian tengah bumi terdapat magma di mana magma jika didinginkan akan menjadi suatu yang padat. Tetapi karena bagian mantel bumi mempunyai suhu rata-rata mencapai 1.100 °C, magma yang padat jika pada suhu normal akhirnya meleleh dan menjadi cair.
  3. • Lebih dalam lagi, bagian mantel di bawah astenosfer. Hal ini dikarenakan selain suhu yang tinggi, juga dikarenakan tekanan yang sangat tinggi yang terdapat pada bagian inti bumi.
Susunan Kulit Bumi
Hampir seluruh kulit bumi terdiri dari 8 unsur, yakni O, Si, Al, Fe, Ca, Na, K dan Mg. Jadi 98,5% unsur permukaan kulit bumi terdiri dari 8 unsur tadi. Sedangkan unsur lain seperti C, S, P, H, Pb, Zn, Ni, Cu, Ti, Mn, dll hanya membentuk 1,5% saja. Ke-8  unsur penting tersebut dapat berinteraksi sehingga mempunyai senyawa dengan senyawa lain, dan mempunyai sifat-sifat yang berlainan pula.
Abodansi unsur-unsur dalam kerak bumi.
Unsur-unsur Persentase Oksida Persentase
  1. O      46,6%
  2. SiO2    59,3%
  3. Si      27,7%
  4. Al2O3  15,4%
  5. Al      8,1%
  6. Fe2O3 + FeO    6,9%
  7. Fe 5 CaO    5,1%
  8. Ca      3,6%
  9. N2O  3,8%
  10. Na     2,8%
  11. MgO  3,5%
  12. K        2,6%
  13. K2O   3,1%
  14. Mg     2,1%
  15. H2O   1,3%
Adapun mineral-mineral penting pembentuk batuan, yaitu :
  1. Kuarsa
  2. Kelompok Felspar
  3. Kelompok Mika
  4. Amfibol
  5. Piroksen
  6. Olivin
Selain itu ada pula sebuah skala kekerasan yang membagi meneral-mineral tersebut. Skala kekerasan atau Skala Mohs membagi menjadi 2, yaitu :
Lunak
  1. Talk
  2. Gips
  3. Fluroit
  4. Apatit
  5. Ortoklas
  6. Kuarsa
  7. Topas
  8. Korund
Keras
  1. Intan

One response to “BAB I Geologi Teknik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s