Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir

EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI ENERGI NUKLIR DAN POTENSI PENGGUNAANNYA DI INDONESIA

Energi nuklir memiliki keunggulan dari kepadatan energinya serta biaya operasinya yang relatif murah dibandingkan dengan sistem-sistem energi lainnya terutama energi fosil. Di sisi lain PLTN secara umum memerlukan biaya kapital yang lebih besar daripada pembangkit-pembangkit lainnya. Permasalahan lain dengan PLTN adalah kekhawatiran yang berlebihan terhadap kecelakaan nuklir dan limbah nuklir sehingga mempengaruhi tingkat penerimaan masyarakat, terutama pasca kecelakaan Chernobyl.

Kecelakaan Chernobyl seperti pisau bermata dua, di satu sisi mempersulit penerimaan terhadap PLTN, namun di sisi lain memicu revolusi dalam perancangan sistem PLTN, sistem keselamatannya, serta sistem penanganan limbahnya sedemikian rupa sehingga pada saat ini sudah muncul sejumlah disain PLTN yang mampu mengatasi berbagai persoalan klasik PLTN secara sangat baik serta meningkatkan daya saing ekonominya ke tingkatan 1.5-3 sen US$ / kwh yang sangat sulit disaingi oleh sistem-sistem energi lainnya. Untuk PLTN konvesional ( PWR dan BWR ) yang ada pun berbagai revolusi penting muncul yang meningkatkan secara signifikan aspek keselamatan, penanganan limbah dan aspek-aspek lainnya.

Dalam kesempatan ini akan dibahas potensi energi nuklir dan seluk beluk pemanfaatannya sebagai sumber energi listrik dan bentuk-bentuk energi lainnya. Komparasi kecelakaan-kecelakaan besar sistem pembangkit energi menunjukkan bahwa berkebalikan dengan isu di masyarakat awam/media massa yang menganggap bahwa energi nuklir itu sangat berbahaya, kenyataan menunjukkan bahwa energi nuklir selama operasinya memakan korban jiwa paling sedikit dibandingkan dengan sistem pembangkit energi lainnya.

Dalam kesempatan ini pula akan dibahas berbagai skenario penggunaan berbagai PLTN termasuk PLTN-PLTN inovatif beserta konsekuensi-konsekuensi dari masing-masing skenario tersebut serta sumbangan yang mungkin diberikannya bagi peningkatan daya saing Indonesia di masa depan.

konsep PLTN

 

Secara lebih umum, sangat penting bagi Indonesia untuk mengembangkan seluruh potensi energinya termasuk berbagai potensi energi alternatif yang ada. Optimasi dilakukan dengan mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan masing-masing sistem energi dan kombinasi optimal perlu diputuskan untuk setiap kurun waktu tertentu. Setelah optimasi dilakukan dengan mempertimbangkan segala aspek pertimbangan yang perlu maka selanjutnya diperlukan implementasi yang ketat agar tidak menimbulkan kenaikan biaya-biaya yang tak perlu dan pada akhirnya membebani APBN dan ekonomi nasional.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s