SarMag Sipil UG

SARMAG TEKNIK SIPIL UNIVERSITAS GUNADARMA
SarMag merupakan singkatan dari Sarjana Magister, dimana dalam sistem perkuliahan ini mahasiswa terpilih dapat menyelesaikan perkuliahannya secara akselerasi, yaitu 4 tahun untuk menyelesaikan studi pendidikan S-1 (Sarjana) dan S2 (Magister).
Sarmag sendiri merupakan konsep studi original Universitas Gunadarma, dan hanya ada satu di Indonesia. Sampai 2010, Gunadarma memiliki jurusan sarmag diantaranya adalah SarMag IT, Sarmag Elektro, Sarmag akuntansi, dan Sarmag Teknik Sipil.
Berikut adalah informasi seputar SarMag Teknik Sipil, dimana sistem perkuliahan ini yang sedang diikuti oleh penulis.

SISTEM PERKULIAHAN SARMAG
Sistem perkuliahan di SarMag, mahasiswa terpilih diwajibkan sudah menyelesaikan pendidikan S-1 (Sarjana) dan S2 (Magister) dalam waktu kurang lebih 4 tahun dengan pengawasan di bawah Sekretariat Rektorat yang bertanggung jawab langsung kepada Rektor Universitas Gunadarma. Wah, kok bisa ya?.
Perlu diketahui SarMag ini tidak menganut kepada sistem semester seperti yang dikenal di banyak perkuliahan. SarMag menggunakan istilah trimester, masing-masing trimester berdurasi 4 bulan. Jadi dalam setahun ada 3 trimester dengan jumlah rata-rata SKS dalam 1 tahun berkisar antara 45 – 50 SKS. Wajar jika lebih cepat dari perkuliahan biasa karena mahasiswa SarMag kuliah sepanjang tahun.
Jumlah mahasiswanya pun dibatasi, yakni maksimal 20 mahasiswa per kelas. Hal ini ditujukan agar mahasiswa dapat belajar secara intensif dan maksimal. Memudahkan mahasiswa mengamati materi dari dosen-dosen yang sudah terpilih pula.
Ada salahsatu kawan yang bertanya, “berarti mahasiswa SarMag tidak mengenal libur ya?”. Tidak juga. Mahasiswa SarMag juga manusia. Maka dari itu Sekretariat Rektorat biasanya akan memberikan libur 1 minggu di akhir trimester. Namun waktu ini biasa digunakan mahasiswa untuk mengerjakan tugas dan sebagainya. Sehingga timbul opini bahwa SarMag itu tidak ada liburnya. (Nasiiipp…Nasiiip…)

FASILITAS SARMAG
Fasilitas yang disediakan oleh pihak Universitas, dalam hal ini Sekretariat Rektorat, dapat dikatakan khusus mengingat sistem perkuliahan yang unik. Fasilitas tersebut adalah kelas VIP pribadi full-AC, wireless kelas pribadi, Infokus kelas, absensi khusus, dan masih banyak lainnya.

SARMAG TEKNIK SIPIL
SarMag Teknik Sipil berbeda dengan SarMag lain, SarMag teknik sipil merupakan SarMag yang dibeasiswakan bagi para pelajar SMA yang berprestasi. SarMag Teknik Sipil mulai diterapkan pada tahun angkatan 2007. Beasiswa diberikan kurang lebih sekitar 120 juta rupiah. Selain itu Mahasiswa yang berprestasi berkesempatan studi ke luar negeri. Pada tahun 2011 ini mahasiswa SarMag teknik sipil dapat mengirimkan 16 mahasiwa ke cina dan 2 mahasiswa ke Eropa untuk melakukan studi lanjut.

INDIKATOR KELULUSAN SARMAG TEKNIK SIPIL
Meskipun dianggap perkuliahan 4 tahun merupakan waktu yang singkat untuk sampai pada jenjang S2, namun mahasiswa Sarmag Teknik Sipil harus lulus persyaratan sebagai berikut:
1. Lolos Setiap mata Kuliah dan Responsi,
2. Lolos Sidang Penulisan Ilmiah Kerja Praktek,
3. Lolos Sidang Proposal Tugas akhir Skripsi,
4. Lolos Sidang Isi Tugas akhir Skripasi,
5. Lolos Sidang Akhir Skripsi,
6. Lolos Sidang Proposal Tesis,
7. Lolos Sidang Isi Tesis,
8. Lolos Sidang Akhir Tesis.

MAHASIWA TERPILIH
Banyak dari adik-adik kelas atau orangtua yang menanyakan, “Bagaimana cara masuk menjadi mahasiswa SarMag Teknik Sipil di Universitas Gunadarma?”. Saya akan menjawab dengan pengalaman dan bahasa saya deh, kaku soalnya.
Jadi begini om, tante. Setidaknya ada tiga tahap untuk masuk ke Sarmag Sipil. Yang pertama adalah tahap seleksi di SMA. Universitas Gunadarma akan mengirimkan dua formulir pendaftaran ke SMA-SMA favorit di seluruh Indonesia. Saya masuk ke SarMag ini bisa dibilang beruntung karena SMA saya termasuk dalam daftar SMA tersebut. Tentu dari sekian siswa banyak yang tertarik. Dipilihlah 2 siswa dengan nilai rapor dan minat yang tinggi.
Tahap yang kedua adalah seleksi oleh pihak Universitas Gunadarma. Setelah kita mengirimkan formulir beserta persyaratan yang dimaksud, rapor dan piagam prestasi jika ada, nanti akan diseleksi dari sekian ratus calon mahasiswa yang mendaftar. Lalu akan disaring menjadi puluhan. Secara detail saya tidak mengetahui berapa mahasiswa yang telah disaring. Setelah lolos tahap kedua, calon mahasiswa akan dihubungi oleh pihak Universitas Gunadarma untuk tahap ketiga.
Tahap ketiga berupa undangan secara lisan dan tertulis dari pihak Universitas Gunadarma. Calon mahasiswa akan diminta mengikuti tes di Universitas Gunadarma Margonda, Depok. Tes yang dimaksud adalah Tes pengetahuan dasar, TOEFL, wawancara, dan tes kesehatan. Dari sekian puluh calon mahasiswa yang lolos tahap kedua akan diseleksi lagi lewat tes ini.
Jika lolos dari tahap ketiga, maka anda sudah bisa menjadi mahasiswa SarMag Teknik Sipil. Tentu dengan adanya perjanjian dikarenakan beasiswa. Total beasiswa dan tunjangan per-mahasiswa mencapai 120 juta. Jika failed di tengah jalan, anda harus membayar 96 juta rupiah sebagai ganti dari kursi mahasiswa yang ditinggalkan.

8 responses to “SarMag Sipil UG

    • Jelas ada perjanjian tertentu terhadap pihak Universitas pak. Itu akan calon mahasiswa setujui ketika calon mahasiswa tersebut lolos tahap keempat dan bersungguh-sungguh mengikuti program ini.

  1. kalo yang seleksi semester 1 sama semester 2 itu gimana??
    bukan dari undangan ke sekolah-sekolah SMA??
    itu ada gak buat ikut SarMag teknik sipil??

    • Terimakasih untuk pertanyaannya.
      Seperti yg saya tulis di atas. Program Sarmag di Univ. Gunadarma hanay meliputi 4 jurusan, salahsatunya T.Sipil. Namun, perekrutan mahasiswanya sendiri bukan seperti yang anda maksud. Sampai sekarang masih tetap lewat jalur Sekolah Menengah.
      Sedangkan seleksi yang diadakan semester 1 dan 2 itu untuk SarMag lainnya kecuali T.Sipil.
      Mudah-mudahan menjawab pertanyaan anda.

  2. Mahasiswa sarmag t.sipil kan beasiswa penuh. . .
    Tpi apakah boleh mahasiswa itu mengambil beasiswa lain untuk biaya hidup. . ?

    Terimakasih.

    • Memang pada dasarnya ada beberapa mahasiswa yang kurang mampu. Untuk itu, pihak Gunadarma sudah mempersiapkan beasiswa lain berupa uang tunai, misalnya pada tahun kemarin ada beasiswa Orbit.
      Namun untuk beasiswa lainnya, lebih baik berkonsultasi dahulu dg koordinator SarMag. Orangnya terbuka dan sangat paham dg keadaan mahasiswa (apalagi yg beasiswa). Saya sendiri pernah mencari beberapa beasiswa untuk menambah biaya hidup dan diizinkan dari pihak Kampus, asalkan tidak mengganggu akademik kuliah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s